Posts

Aku Ingin Belajar Al Quran Sebagai Pedoman Hidup

Setiap pagi aku membaca ayat-ayat dalam Al Quran. Tiada hari tanpa satu surat pendek sekalipun. Aku membacanya bersama teman-teman sekelas. Ya, dulu aku menuntut ilmu di sekolah swasta saat sekolah dasar dan kebiasaan itu berawal dari kewajiban. Tak cukup pagi hari saja, setiap sore aku ke masjid untuk mengaji bersama teman-teman. Apakah membosankan ? Tentu saja tidak. Aku bertemu teman-teman baru, bertemu guru ngaji, bermain, dan sesekali juga dapat hadiah. Bagaimana mungkin hal-hal seperti itu membosankan. Namun itu semua berada di 10 tahun silam. Hafalan surat pun masih berlanjut saat aku duduk di bangku SMP. Ya, lagi-lagi karena aku menuntut ilmu di sekolah swasta. Ilmu agama hanya aku dapatkan saat di sekolah. Setelah itu ? Main dan main lagi. Namun sekarang tak seperti dulu. Jauh seperti dulu, jauh dengan al quran. Ada apa dengan diri ini ? Padahal belajar dan memahami al quran itu sangat penting untuk pedoman hidup dimasa ini.

Mengapa Al Quran dijadikan pedoman hidup?
Tentu sa…

Belajar Tata Cara Wudhu, Ramadhan 2019

Image
Sumber foto: https://d39wptbp5at4nd.cloudfront.net/media/27801_medium_IMG_20180708_134139.jpg?1531032168

Wudhu merupakan salah satu kewajiban setiap muslim yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat. Wudhu merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena memiliki fungsi membersihkan beberapa anggota badan dari hadats. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada kita dalam KitabNya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki”. (QS Al Maidah [5] : 6).

Adapula sabda Nabi yang mulia, Muhammad shallallahu ‘alaihi was sallam,

« لاَ تُقْبَلُ صَلاَةُ مَنْ أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ »

“Tidak diterima sholat orang yang berhadats sampai ia berwudhu”

Maka dari…

Tingkatan Seorang Muslim, Ramadhan 2019

Image
Di hari yang penuh berkah ini sudah sepantasnya kita kembali dan terus memperbaiki diri. Kita harus tau dimanakah posisi diri saat ini. Apakah benar-benar sudah berada di jalan Allah atau justru masih tertinggal jauh ? Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk bertaubat. Amalan-amalan yang didapat juga akan semakin berlipat. Gimana, sungguh nikmat bukan ?

Di bulan Ramadhan ini pula saya insyaallah akan menyampaikan apa yang saya dapatkan selama kurang lebih 30 hari saat mendengarkan ceramah di beberapa masjid. Dalam tarawih pertama yang disampaikan imam adalah mengenai "Tingkatan Dalam Agama" . Pastinya sebagian orang sudah sering mendengar tentang Islam, Iman, dan Ihsan. Namun saya akan sedikit menyampaikan kembali terutama untuk diri saya sendiri sebagai pengingat bahwa ketiga tingkatan tersebut sangatlah penting untuk dipahami.

Tingkatan Islam
Di dalam suatu hadits, ketika Rosululloh ditanya tentang Islam beliau menjawab,  "Islam itu engkau bersaksi bahwa tidak ada…

Aku Mencari Teman, dunia dan akhirat

Image
Ini adalah awal kisahku saat mencari teman..

Aku datang untuk ditinggalkan. Itu adalah hal yang terbesit di kepalaku setelah aku mengalami beberapa kali kegagalan untuk menjalin pertemanan. Saat itu usiaku masih 13 tahun. Masa-masa remaja adalah masa-masa dimana ambisi dan emosi sedang meluap-luapnya. Iya ga ? Kalau aku sih iya.

Singkat cerita ketika aku duduk di bangku sekolah menengah pertama di daerah Jogja. Aku punya teman, namanya Ana. Kami selalu bersama dan sepertinya sudah saling akrab. Dikelas, kami duduk satu bangku. Kami juga pulang bersama. Dia selalu aku bonceng dengan sepeda biru milikku. Aku juga sering singgah di rumahnya sepulang sekolah. Meskipun hanya untuk tidur atau main bersama. Satu hal yang masih membekas dalam ingatanku adalah ketika kami bermain disungai. Dengan niat ngerjain tugas sains yang menyaring air kotor supaya lebih bening itu loh .. tapi kami malah asik mainan apa aja ya dulu itu hahaha. Aku juga ingat ketika sedang berada dirumah ana, eh! Ada orang…

INILAH HIDUPKU

Assalamualaikum wr wb

Hai sahabat perkenalkan namaku KT (samaran aja ya)  hehe. Sudah lama sih aku pengen ngepost tentang kehidupanku dari jaman sd yang masih bahagia banget, lewatin masa masa kritis. Jaman smp yang bener bener alay, suram dan bikin gila. sampai jaman smk yang nyenengin, cinca cinca an (haha) , dan ngrasain yang namanya di bully habis habisan, dikatakain yang akhirnya aku sampai sekarang baru memulai untuk berhijrah. aku akan ceritan se detailnya dan semampuku . Siapa tau dari ceritaku ini bisa dijadikan motivasi buat para pembaca yang kebetulan juga ingin belajar berhijrah.  
Tunggu catatan selanjutnya ya :) Wasalamualaikum wr.wb
Silakan tinggalkan komentar

Kisah Nabi Daud AS

Daud bin Yisya adalah salah seorang dari tiga belas bersaudara turunan ketiga belas dari Nabi Ibrahim a.s. Ia tinggal bermukim di kota Baitlehem, kota kelahiran Nabi Isa a.s. bersama ayah dan tiga belas saudaranya.Daud Dan Raja Thalout Ketika raja Thalout raja Bani Isra'il mengerahkan orang supaya memasuki tentera dan menyusun tentera rakyat untuk berperang melawan bangsa Palestin, Daud bersama dua orang kakaknya diperintahkan oleh ayahnya untuk turut berjuang dan menggabungkan diri ke dalam barisan askar Thalout. Khusus kepada Daud sebagai anak yang termuda di antara tiga bersaudara, ayahnya berpesan agar ia berada di barisan belakang dan tidak boleh turut bertempur. Ia ditugaskan hanya untuk melayani kedua kakaknya yang harus berada dibarisan depan, membawakan makanan dan minuman serta keperluan-2 lainnya bagi mereka, di samping ia harus dari waktu ke waktu memberi lapuran kepada ayahnya tentang jalannya pertempuran dan keadaan kedua kakaknya di dalam …

Cerita Nabi Musa as

Image
Seperti yang telah dibahas pada cerita nabi yusuf bahwa nabi yusuf telah berjuang, berdakwah mengajak masyarakat mesir untuk menyembah satu Tuhan yaitu Allah. Namun setelah Nabi Yusuf as meninggal dunia, Sistem tahid diubah menjadi system multi Ttuhan atau menyembah banyah tuhan. Hal ini diduga kuat karena adanya campur tangan kelompok-kelompok elit yang berkuasa ketika itu. Karena ketika mesir menganut system tauhid, mereka tidak mendapatkan perlakuan istimewa, sehingga mereka mempunyai tujuan khusus untuk mengembalikan system penyembahan kepada banyak tuhan. Selanjut masyarakat mesir pun mengikuti system penyembahan Fir’aun. Lalu akhirnya mesir dipimpin oleh keluarga-keluarga Fir’aun dan mereka mengklaim bahwa mereka merupakan tuhan atau wakil wakil tuhan. Masyarakat mesir pada dasarnya merupakan masyarakat yang beradab, mereka disibukkan dengan pembangunan peradaban. Mereka mempunyai kecenderungan keagamaan yang kuat.  Serta kelompok-kelompok masyarakat mesir meyakin…